1. Teman
– teman menilai saya sebagai orang yang dalam berhubungan dengan orang lain...
a.
Cepat berubah pikiran
b.
Membutuhkan waktu lama untuk mengenal secara
dekat dengan orang lain
c.
Selalu memberi masukan secara langsung saat ada
perilaku orang lain yang kurang sesuai
d.
Suka memberi masukan secara langsung saat ada
perilaku orang laon yang kurang sesuai
e. Mudah menyesuaikan diri serta mampu
menjelaskan dengan rinci bilamana ada perbedaan
2. Kemampuan
untuk mencipatakan, memiliki daya cipta atau mampu menciptakan sesuatu yang
baru baik berupa gagasan maupun alat yang relatif berbeda dengan apa yang telah
ada sebelumnya dalam pembelajaran merupakan sikap kreatif guru ketika
menyampaikan ilmu kepada siswa. Model yang sesuai dengan sikap kreatif memanfaatkan
lingkungan sekitar sebagai sumber belajar IPS SD adalah...
a.
Problem based learning
b. Contextual teaching learning
c.
Project based learning
d.
Open inquiry
e.
Cooperative learning
3. Anda
memiliki beban mengajar yang tinggi dalam seminggu. Disamping itu, Anda menjadi
salah seorang pengurus inti koperasi sekolah untuk kesejahteraan warga sekolah.
Apa yang Anda lakukan?
a. Saya berbagi tugas dengan pengurus inti
lainnya dalam mengelola koperasi, sehingga tidak mengganggu tugas mengajar
b.
Saya mengutamakan tugas mengajar, dengan sedikit
mengabaikan tugas sebagai pengurus kepala sekolah
c.
Saya melaksanakan tugas mengajar yang diselingi
dengan melaksanakan tugas- tugas pengurus koperasi sekolah.
d.
Saya berusaha menolak penugasan koperasi sekolah
karena bisa mengganggu tugas mengajar.
e.
Saya mengutamakan tugas pengurus koperasi
sekolah, walaupun tugas mengajar kurang terlaksana
4. Seorang
siswa bercerita kepada guru, kalau dia merasa ditipu oleh temannya yang sudah
menjanjikan kalau akan mengajari matematika sebagai persiapan ujian tengah semester.
Tapi pada hari yang telah disepakati temannya tidak datang dengan alasan ada
urusan mendadak. Siswa tersebut merasa kecewa karena temannya tidak menepati
janji, hingga nilainya menjadi jelek. Walaupun sebelumnya keduanya bersahabat,
saat ini mereka tidak saling bertegur sapa. Jika seandainya Anda adalah
mendapat cerita tersebut, apa yang Anda lakukan?
a.
Memberitahukan pada salah satu pihak bahwa
temannya tidak membantu karena perihal yang penting. Selain itu urusan belajar
merupakan urusan masing – masing.
b.
Memanggil keduanya, serta memberikan nasehat –
nasehat agar keduanya bersahat dan saling membantu.
c.
Memberitahukan pada salah satu pihak bahwa,
karena tidak jadi membantu temannya, temannya mendapat nilai jelek serta
mendorongnya untuk meminta maaf.
d. Memfasilitasi pertemuan diantara keduanya
untuk membangun saling kesepahaman mengenai masalah tersebut dan jalan
penyelesaiannya
e.
Cukup didengarkan saja keluhan itu dengan baik,
dan menyarankan untuk dapat diselesaikan secara mandiri
5. Sebagai
seorang ketua kelompok kerja guru, ketika membagi tugas kelompok daya akan...
a.
Membagi tugas berdasarkan pengalaman yang
dimiliki teman – teman.
b.
Membagi tugas dengan sama rata untuk semua teman
c.
Memberikan kebebasan pada anggota untuk memilih
bagian mana yang sanggup untuk dikerjakan
d.
Mengerjakan tugas yang sulit terlebih dahulu
bersam a- sama, baru membagi kelompok sesuai dengan strategi saya sebagai ketua
agat pekerjaan selesai.
e. Membagi tugas dengan memperhatikan minat
dan kompetensi setiap anggota sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik
6. Para
siswa berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda mencakup budaya, nilai
– nilai, tingkat ekonomi, maupun tingkat pendidikan orang tua. Terhadap
berbagai perbedaan itu, sikap guru sebaiknya adalah....
a.
Mengelompokkan siswa sesuai dengan kondisi serta
latar belakang yang sama
b.
Menampilkan sikap yang wajar terhadap perbedaan
– perbedaan pemikiran, sikap, dan perilaku anak didiknya.
c.
Berpandangan bahwa segala perbedaan siswa
merupakan fakta yang tidak dapat dihindari.
d.
Mengurangi perbedaan – perbedaan itu dan
mengutamakan keseragaman.
e. Peka terhadap perbedaan dan berperan
menumbuhkan sikap saling menghargai antara siswa satu dengan lainnya
7. Terdapat
peserta didik yang mengadu kepada guru, bahwa ia selalu melakukan tugas piket
kebersihan kelas sendiri. Anggota yang lain tidak mau terlibat membersihkan
kelas. Mereka memaksa dan mengancam jika melaporkan tersebut pada wali kelas.
Sebagai guru yang mengetahui hal tersebut, apa yang akan Anda lakukan?
a.
Memberikan hukuman kepada seluruh anggota piket
kebersihan karena tidak dapat membangun kerjasama yang baik dalam tugas yang
menjadi tanggung jawab
b. Guru melakukan evaluasi keterlibatan siswa
terkait kegiatan piket kebersihan kelas serta menyampaikan hasilnya agar
menjadi perhatian seluruh siswa untuk terlibat dalam tanggung jawab tersebut.
c.
Memberikan teguran kepada siswa yang tidak mau
terlibat dalam kegiatan piket kebersihan kelas agar siswa yang rajin tidak
terpengaruh dan dia tidak mengulangi perbuatannya.
d.
Merekomendasikan guru BK untuk melakukan
konseling kelompok untuk mengajarkan keterampilan bekerjasama dengan orang lain
dalam suatu kelompok
e.
Memfasilitasi pertemuan bersama agar terjadi
komunikasi antar anggota kemlompok piket kebersihan sehingga anggira menyadari
tugas masing – masing ketika jadwal piket kebersihan kelas berlangsung
8. X
adalah guru di salah satu SD favorit. X mempunyai seorang teman guru yang
pernah menolongnya. Suatu ketika X mengetahui bahwa teman tersebut berbohong
kepada beberapa wali murid yang dapat mencemarkan nama sekolah. Jika X melapor
pada kepala sekolah , maka kasusnya akan ramai dan tem a- teman tesebut bisa
mendapatkan sanksi. Namun bila tidak melapor, lambat laun nama sekolah akan
tercemar dan banyak wali murid yang dirugikan. Terkait hal ini, menurut Anda
yang sebaiknya dilakukan si X adalah....
a.
Diam saja, karena kalau melaporkan kepada kepala
sekolah, baik si X maupun temannya akan mendapat masalah.
b.
Mengingatkan temannya dengan mengatakan kalau
melakukan lagi, maka ia akan melaporkan ke pihak sekolah.
c.
Mengingatkan temannya untuk itdak mengulangi
perbuatannya dan membantu mencari solusi atas masalah yang terjadi.
d.
Meminta temannya untuk mengaku kesalahan di
depan kepala sekolah.
e. Mengajak dan menemani teman melapor pada
kepala sekolah dan membantu mencari solusi
9. Seringkali
seorang guru harus menjalankan tugas yang tidak sesuai dengan latar belakang
pendidikan dan keterampilan. Apa tanggapan Anda bila menerima tugas seperti
ini?
a.
Hanya akan bekerja bila seusuai dengan
pendidikan dan keterampilan saya.
b.
Saya akan melaksanakan namun tidak menjamin
hasil kerja saya
c.
Saya kan melaksanakan setelah menyampaikan pada
pimpinan bahwa sebenarnya itu di luar bidang ilmu dan keterampilan saya.
d.
Saya akan menjalankan sepenuhnya, sekalipun
harus menguatkan hati untuk melaksanakannya
e. Menjalankan tugas dan mengganggap sebagai
kesempatan untuk belajar pada bidang yang belum pernah saya geluti
10. Di
wilayah Anda mengajar ada komunita GTT (Guru Tidak Tetap) yang terwadahi dalam
PGRI. Melakukan penggalangan dana sukarela untuk berjuang ke Jakarta
mengusulkan ke pemerintah agar diangkat
sebagai PNS. Jika Anda adalah guru PNS yang telah menerima tunjangan profesi,
apa yang akan Anda lakukan?
a.
Mendukung sepenuhnya penggalangan dana itu
dengan mengajak teman guru PNS lainnya untuk berpartisipasi dalam penggalangan
dana.
b.
Memberi nasehat kepada teman guru GTT untuk
tidak terlalu berambisi diangkat sebagai PNS karena pengangkatan PNS ada
aturannya.
c. Menaruh simpati terhadap upaya penggalangan
dana itu meskipun tidak harus memberikan kontribusi dalam bentuk uang.
d.
Berpartisipasi aktif dalam penggalangan dana itu
agar memperoleh dana yang cukup dan mampu membayar perwakilan GTT ke Jakarta
e.
Mengusulkan kepada pengurus PGRI daerah agar membayar perwakilan
GTT untuk pergi ke Jakarta menyampaikan
aspirasinya
11. Anda
memiliki tetengga yang anaknya tidak didaftarkan ke sekolah meskipun sudah
memasuki usia sekolah, karena anak tersebut adalah anak berkebutuhan khusus
(ABK). Sebagai tetangga yang berprofesi sebagai guru, apa yang Anda lakukan?
a. Menjelaskan kepada orang tuanya bahwa ABK
juga memiliki hak untuk sekolah dan terdapat banyak sekolah yang mau menerima
ABK sebagai siswanya.
b.
Menyarankan kepada orangtuanya agar
menyekolahkan anaknya di sekolah luar biasa (SLB) agar tidak melanggar hak
asasi manusia
c.
Meminta aparat desa untuk mendatangi orang tua
tersebut agar mau menyekolahkan ananknya yang menyandang ABK
d.
Meminta guru SLB atau guru pendamping khusus
untuk mendatangi dan meyakinkan orang tua tersebut agar mau menyekolahkan
anaknya
e.
Meminta aparat dinas pendidikan untuk mendatangi
orang tua tersebut agar mau menyekolahkan anaknya yang menyandang ABK
12. Seorang
siswa kedapatan membawa handphone ke sekolah. Padahal sekolah sebenarnya sudah
memberikan tulisan peringatan serta aturan untuk tidak membawa handphone ke
sekolah. Sebagai guru yang berkewajiban memberikan pendidikan, bagaimana Anda
menganggapi permasalahan tersebut?
a.
Memanggil siswa dan menasehatinya agar dia tidak
membawa handphone ketika di lingkungan sekolah karena akan mengganggu
konsentrasi belajarnya
b. Apabila mengetahui siswa yang membawa
handphone segera menyampaikan hal ini pada wali kelas serta guru bimbingan dan
konseling untuk memperoleh penanganan lebih lanjut
c.
Saya akan lebih aktif dalam mencegah agar siswa
tidak membawa handphone ketika di sekolah dengan cara melakukan pemeriksaan
sebelum bel masuk kelas dan menyita hp untuk sementara waktu
d.
Saya menemui siswa tersebut yang membawa
hanphone saat di sekolah maupun di kelas serta memberikan teguran langsung
dengan harapan tidak mengulangi pelanggaran tersebut
e.
Merampas handphone dan memanggil orang tua siswa
tersebut agar ikut mengingatkan anaknya jangan samapai membawa handphone ke
sekolah.
13. Salah
satu tugas guru piket adalah membuat surat keterangan pemberian poin
pelanggaran bagi guru, karyawan, dan siswa yang dapat terlambat. Poin
pelanggaran tersebut pada jumlah tertentu akan diberi sanksi sesuai
kesepakatan. Ketika Anda menjadi guru piket ada seorang guru dan anaknya
(kebetulan anak tersebut sekolah di sekolah Anda) datang terlambat 30 menit.
Sesuai aturan datang terlambat 30 menit harus diberi poin pelanggaran sebanyak
30 poin. Tiba – tiba teman Anda yang
terlambat tersebut meminta kepada Anda agar dia dan anaknya tidak dibuatkan
surat keterangan poin pelanggaran karena alasan ban motor pecah. Apa yang akan
Anda lakukan?
a.
Memenuhi permintaan teman Anda karena alasannnya
masuk akal tetapi Anda laporkan kasus tersebut kepada kepala sekolah
b.
Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran
sesuai aturan, tetapi hanya untuk anaknya dan dilaporkan kepada kepala sekolah
c.
Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran
baik kepada teman Anda dan juga anaknya meskipun jumlah poin dikurangi
d. Tetap membuat surat keterangan poin
pelanggaran baik kepada teman Anda dan juga anaknya sesuai aturan
e.
Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran
kepada keduanya dan melaporkan kepada kepala sekolah atas kasus ini
14. Guru
banyak menggunakan ceramah dalam kegiatan pembelajaran karena tidak tersedia
media dan sumber belajar. Kondisi tersebut mengakibatkan prestasi belajar siswa
rendah. Menghadapi situasi tersebut, bagaimana cara Anda menyelesaikannya?
a. Saya memanfaatkan alam sekitar sekolah
sebagai media dan sumber belajar untuk mengaktifkan kegiatan belajar siswa
b.
Siswa menugaskan siswa membuat media dan sumber
belajar yang menunjang topik pembelajaran sehingga mereka lebih aktif di kelas
c.
Saya bekerja sama dengan orang tua/ wali murid
untuk memberikan sumbangan dalam pengadaan media dan sumber belajar
d.
Saya meminta siswa untuk belajar di kelas dengan
tenang dan memperhatikan penjelasan guru dengan baik agar berprestasi
e.
Saya mengemukakan persoalan tersebut kepada
beberapa guru dan tetap mengajar seperti biasanya
15. Seorang
anak berminat pada kelompok peminataan bidang ilmu pengetahuan sosial ketika
memilih studi lanjut ke SMA. Namun orang tuan bersikukuh agar anaknya memilih
peminatan pada bidang ilmu pengetahuan alam. Orang tua menginginkan anaknya
menjadi dokter agar masa depannya terjamin. Menurut si anak, ia merasa tidak
mampu jika studi lanjut di kedokteran, dan kurang meminati mata pelajaran ilmu
biologi, matematika serta fisika, kimia. Sebagai wali kelas apa yang Anda
lakukan?
a.
Menasehati si anak untuk patuh pada orang tua
yang telah memilihkan masa depan yang baik karena tidak ada orang tuan yang
berniat menjerumuskan anaknya
b.
Memberikan saran kepada orang tua dan si anak
untuk mengenali secara objektif kemampuannya dengan konsultasi pada psikolog
untuk memilih bidang peminataan yang sesuai
c.
Menyarankan kepada si anak, untuk menyampaikan
pada orang tua bahwa dirinya tidak berminat dan merasa tidak mampu kuliah pada
jurusan kedokteran.
d.
Melakukan kunjungan rumah dengan membawa data
prestasi si anak sebagai bahan diskusi dengan agar orang tua memahami potensi
anaknya
e. Bersama guru BK, Anda sebagai wali kelas
akan memfasilitasi pertemuan antara orang tua dengan siswa. Anda akan
mendiskusikan bersama – sama dengan menggunakan data- data sebagai dasar
keputusan obyektif.
16. Ketika
Anda tahu ada siswa berbeda agama tidak dapat mengikuti pelajaran tambahan yang
dianggap sangat penting karena menyiapkan kegiatan ritual keagamannya, maka
yang sebaiknya Anda lakukan...
a.
Tetap meminta siswa tersebut mengikuti pelajaran
tambahan
b.
Memberi nasihat kepada siswa tersebut untuk
mrngganti jadwal ritual keagamaannya
c.
Menyerahkan keputusannya kepada siswa
d.
Memberi nasihat bahwa pelajaran tambahan itu
penting dan menyerahkan keputusannya kepada siswa tersebut apakah akan
mengikuti atau tidak
e. Membolehkan siswa tersebut tidak mengikuti
pelajaran tambahan dan memberi kesempatan utnuk bertanya atau mengikuti jadwal
kelas yang lain
17. Dalam
pelajaran menuju sekolah, pola pemberhentian di perempatan Anda melihat siswa
SMA pengendara motor berhenti melewati guru marka jalan. Anda akan melakukan
apa?
a.
Menegur dengan tegas agar siswa tersebut tidak
melampaui garis marka jalan demi keselamatannya
b.
Menjelaskan di depan kelas tentang kasus yang
Anda alami agar siswa Anda tidak melakukan pelanggaran lalu lintas
c. Menegur dengan santun agar siswa tersebut
tidak melampaui garis marka jalan demi keselamatannya
d.
Berteriak dengan keras agar siswa tersebut tidak
melampaui garis marka jalan demi keselamatannya
e.
Memotret kejadian itu dan menyampaikan
pelanggaran itu kepada para siswa di sekolah agar tidak melakukan hal seperti
itu.
18. Suatu
ketika Anda menjadi tuan rumah dalam acara rutin pertemuan warga RT. semua
warga RT diundang untuk acara pertemuan rutin setiap bulan. Tamu pertama yang
datang ke rumah Anda adalah seornag warga paling miskin di RT. apa yang akan
Anda lakukan?
a. Menyalami tamu pertama dan menggandengnya
dengan penuh respek untuk duduk di kursi yang telah disediakan
b.
Membiarkan tamu pertama itu mencari tempat duduk
sendiri karena tamu lain juga Anda perlakukan seperti itu
c.
Meminta tamu pertama tu duduk di kursi deretan
paling depan untuk menghargai tamu yang datang paling awal
d.
Sembari menunggu tamu lainnya Anda menemani tamu
tersebut sambil ngobrol tentang hal – hal ringam
e.
Mengajak tamu tersebut ke belakangdan
menawarinya untuk makan, setelah itu meminta bantuan untuk menyiapkan makanan
dan minuman
19. Ada
siswa yang kurang bergairah belajar di kelas Anda. Terkait dengan hal ini,
tindakan yang Anda lakukan sebagai guru adalah
a.
Membiarkan saja karena sangat mungkin sesuai
tersebut tidak berminat pada mata pelajaran
b.
Mengingatkan namun bila tidak ada kemajuan
abaikan saja, dan fokus pada siswa – siswa lain yang menunjukkan kemajuan
c.
Membangkitkan semangat siswa itu untuk belajar,
walaupun kemajuannya sedikit
d.
Menggunakan berbagai cara untuk membangkitkan
semangat belajarnya
e. Memahami kondisi siswa tersebut, berusaha
terus menemukan cara membangkitkan semangat belajarnya
20. Bayangkan
suatu ketika Anda sedang berjalan bersama dengan anak Anda. Tiba – tiba ada
orang memaki Anda secara tidak sopan, padahal Anda merasa tidak berbuat salah.
Apa yang akan Anda lakukan?
a.
Membalas makian orang itu agar agar anak melihat
Anda bukan orang tua yang lemah dan mengajarkan pertahanan diri
b.
Menarik orang itu sambil membentaknya agar anak
melihat bagaimana caranya membalas perlakuan ornag yang tidak benar
c.
Memberi pelajaran orang itu dengan membentaknya
untuk menunjukkan pada anak bagaimana caranya menjaga harga diri
d.
Mendiamkan orang itu dan segera menyingkir dari
tempat agar anak belajar bagaimana caranya menghindari keributan
e. Mengajak bicara baik – baik dan tegas agar
anak melihat bagaimana caranya berkomunikasi dalam kondisi sengketa
21. Bagaimana
sikap Anda terhadap guru yang melaksanakan pembelajaran dengan model ancaman
dan pemaksaan kepada perserta didik agar berprestasi unggul?
a. Sangat tidak setuju terhadap tindakan guru
tersebut dalam rangka meningkatkan prestasi unggul siswa
b.
Tidak setuju terhadap model tersebut yang
digunakan oleh guru dalam meningkatkan prestasi unggul siswa
c.
Cukup setuju dengan tindakan yang dilakukan guru
tersebut untuk meningkatkan prestasi unggul siswa
d.
Setuju dengan kegiatan pembelajaran yang
dilaksanakan guru bagi peningkatan prestasi belajar unggul siswa
e.
Sangat setuju dengan tindakan guru tersebut
dalam membantu peningkatan prestasi unggul siswa
22. Karena
terbiasa bekerja cepat dan teratur, Anda sering memiliki siswa waktu setelah
mengajar. Anda melihat ada teman yang sedang kerepotan mengerjakan sesuatu yang
harus segra diselesaikannya. Tindakan yang mencerminkan diri Anda adalah...
a.
Kalau diminta untuk membantu, maka saya tidak
bersedia karena khawatir salah
b.
Mengerjakan kewajiban Anda yang lain agar tidak
diminta membantu menyelesaikan pekerjaannya
c.
Meminta teman itu untuk istirahat, dan
menggantikan dia untuk menyelesaikan pekerjaannya
d. Memahami kesulitan teman itu, dan siap
membantu ketika teman itu meminta bantuan saya
e.
Segera menawarkan bantuan untuk menyelesaikan
pekerjaan itu karena ia memang perlu bantuan
23. Saya
adalah orang yang menunjang tinggi apa yang telah menjadi prinsip yang saya
katakan. Seandainya saya menerima sebuah tugas yang tidak sesuai dengan prinsip
saya. Hal yang saya lakukan adalah...
a.
Menyalurkan pikiran dan perasaan negatif pada
sasaran lain
b.
Memendam perasaan negatif yang muncul agar tidak
mengganggu pelaksanaan tugas
c.
Mengalihkan perasaan, pikiran, dan perhatian
pada hal lain yang bermanfaat
d.
Mengungkapkan pikiran dan perasaan pada orang
terdekat yag ada di lingkungan kerja
e. Mengungkapkan dan mendiskusikan pikiran dan
perasaan itu dengan pimpinan
24. Saat
masih pendidikan dulu, daya pernah mendapatkan tugas yang cukup banyak dari
dosen dan waktu pengumpulannya bersamaan. Hal yang saya lakukan saat itu
adalah...
a.
Meminta dosen untuk memberikan tenggang waktu
pada sebagian tugas
b.
Mengerjakan tugas yang penting dahulu, lainnya
dikerjakan nanti kalau ada waktu
c.
Meminta bantuan teman untuk mengerjakan sebagian
tugas dan sebagian tugas dikerjakan sendiri
d.
Mengerjakan sesuai kemampuan yang penting
mengupulkannya
e. Mengatur waktu agar semua tugas dapat
diselesaikan dengan tuntas
25. Anda
ditugaskan di sekolah kurang maju yang ditandai oleh kegiatan belajar mengajar
tidak optimal, media dan sumber belajar yang minim. Serta kemandirian belajar
siswa yang rendah. Apa upaya Anda untuk menghadapi keadaan tersebut
a. Saya berusaha sekuat tenaga dan pikiran
untuk menemukan cara- cara baru memajukan sekolah
b. Saya
mengusulkan kepala dinas pendidikan agar mengutamakan program peningkatan
kemajuan sekolah
c. Saya
meminta kepala sekolah dan para guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
di sekolah
d. Saya
mengajak partisipasi komite sekolah untuk pengadaan media dan sumber belajar
yang diperlukan sekolah
e. Saya
menerima keadaan sekolah sebagaimana adanya dan melaksankan tugas mengajar
sebagaimana besarnya
26. Tugas
di sekolah, di rumah, dan di lingkungan sosial silih berganti. Satu tugas belum
belum selesai dikerjakan, tugas berikutnya sudah menunggu. Dalam situasi
seperti itu, bagaimana reaksi Anda?
a. Lebih
baik saya tinggalkan sama sekali situasi seperti itu, karena guru bekerja
seperti robot
b. Saya
ingin mengerjakan seluruh tugas, meskipun biasanya justru menjadi berantakan
semua
c. Saya
bekerja satu persatu, itu lebih baik daripada tugas tidak tantangani sama
sekali atau meninggalkan tugas
d. Hal
yang penting adalah semua tugas terselesaikannya karena soal tuntas atau
tidaknya pekerjaan tergantung pada situasi
e. Saya bekerja dengan cepat, semua tugas
terselesaikan sepenuhnya dengan tuntas sesuai rencana dan waktunya
27. Komplek
dimana Anda tinggal setiap musim hujan selalu banjir sebagai akibat tidak ada
saluran air menuju suangai. Warga sudah beberapa kali mengajukan kepada
pemerintah desa/ kelurahan untuk dibuatkan saluran pembuangan air, tetapi tetap
saja permohonan itu belum dipenuhi. Akibatnya salah satu warga yang cukup
berpengaruh di wilayah itu mengajak dan atau mempengaruhi warga lain untuk
tidak membayar pajak pada tahun itu. Sebagai guru apa yang Anda lakukan?
a. Mengingatkan warga agar tetap membayar
pajak karena membayar pajak itu kewajiban warga negara
b. Tetap
membayar pajak meskipun beberpa warga negara terpengaruh terhadap himbauan
tidak membayar pajak
c. Mengingatkan
salah satu warga tersebut agar tidak mempengaruhi warga lain untuk tidak membayar
pajak
d. Mengajak
aparat RT untuk memohon kembali kepada aparat desa/ kelurahan agar dibuatkan
saluran air
e. Bersama
warga lain mencari sponsor untuk membangun saluran air menuju sungai agar tidak
terjadi banjir lagi
28. Pada rapat desa yang dipimpin kepala desa
sedang mengidentifikasi program desa yang akan didanai melalui dana desa.
Sebagai guru, program apa yang akan Anda usulkan?
a. Membangun fasilitas umum untuk
memfasilitasi anak usia dini karena di desa itu belum ada fasilitas AUD
b.
Perbaikan jalan antar dusun agar transportasi
lancar, karena jalan dusun tidak dapat dilewati kendaraan roda empat
c.
Memperbaiki tempat ibadah di desa itu, agar
masyarakat dapat beribadah dengan tenang dan khusuk
d.
Memberi beasiswa bagi anak kurang mampu agar
dapat melanjutkan studi sampai pendidikan tinggi
e.
Pemberian modal usaha dan pelatihan kewirausaan
bagi keluarga miskin di desa itu agar kemiskinan menjadi berkurang.
29. Kesempatan
untuk menempuh pendidikan lanjut tidak mudah didapatkan. Seandainya Anda
mendapatkan kesempatan itu, apakah yang Anda nilai sebagai yang paling penting?
a.
Pengembangan wawasan melalui belajar
b.
Pengembangan jejaring sosial yang bermanfaat
kelak bagi pekerjaan
c.
Peningkatan kecakapan dalam melaksanakan tugas
di tempat kerja
d. Peningkatan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan
sebagai hasi studi lanjut
e.
Pengembangan diri sebagai guru yang dapat
bermanfaat untuk diri dan orang lain
30. Pada
sekolah tempat Anda bekerja Anda sering berinteraksi dengan rekan guru lainnya.
Suatu ketika salah satu rekan guru Anda menjadi topik perbincangan antara guru
– guru Lain di sekolah tersebut karena guru tersebut tidak memberikan nilai
yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki siswa. Menyikapi hal tersebut apa
yang akan anda lakukan pada rekan Anda?
a.
Mendiamkan hal tersebut, karena urusan masing –
masing
b.
Menyampaikan pada waka kesiswaaan dan kurikulum
agartidak terjadi kesalah pahaman
c.
Menyampaikan secara langsung tanpa basa – basi
d.
Menyampaikan dengan baik – baik dengan guru –
guru lainnya
e. Membicarakan permasalahan ini secara baik –
baik saat saya dan rekan guru tersebut ngobrol dan sharing santai
31. Siswa
– siswi peserta olimpiade sains nasional (OSN) dari sekolah Anda gagal meraih
skor tinggi dalam uji coba OSN. Sebagai pendamping OSN, apa yang Anda lakukan?
a. Saya merencanakan, menyiapkan dan
menyelenggarakan latihan lebih intensif bagi peserta didik untuk mengikuti OSN
pada waktu berikutnya
b.
Saya meminta para peserta OSN membentuk kelompok
belajar materi OSN agar penguasaannya meningkat
c.
Saya meminta alumni OSN untuk mengajari para
peserta tentang cara menjawab soal OSN
d.
Saya mendorong para peserta OSN mengikuti
tambahan pengayaan materi olimpiade dan guru kelas
e.
Saya mengarahkan orang tua peserta OSN untuk
lebih memotivasi anak mereka agar lebih giat belajar dalam persiapan OSN
32. Tetangga
Anda memiliki anak yang menyandang penyakit genetik (kakinya cacat sebelah)
sehingga jalannya agak pincang. Ketika menginjak usia SMP anak itu mulai tidak
percaya diri karena tidak kuat dibully temannya. Tragisnya anak tersebut tidak
naik kelas, sehingga mogok tidak mau melanjutkan sekolah. Meskipun Anda bukan
guru dari anak tersebut, apa yang Anda lakukan?
a.
Menasehati orangtuanya untuk membujuk anaknya
supaya mau sekolah lagi
b.
Menasehati orangtuanya untuk mendaftarkan
anaknya ke homescholing
c. Menyarankan melakukan konsultasi pada anak
tersebut agar lebih percaya diri dan mau
sekolah lagi untuk masa depannya
d.
Mendatangi sekolah anak tersebut agar gurunya
mengajak anak tersebut sekolah lagi
e.
Menyarankan kepala sekolah anak tersebut agar
menghentikan budaya bully
33. Seringkali
dalam bekerja tim, kelompok memilih pandangan yang bertentangan dengan pendapat
Anda. Pernyataan yang paling menggambarkan reaksi Anda adalah...
a.
Keluar diri kelompok karena saya tidak bisa
menerima keputusan yang bertentangan dengan keyakinan
b.
Tetap bergabung dengan kelompok namun diam –
diam mengaharapkan kelompok gagal menjalankan apa yang diputuskan
c.
Tetap bergabung dengan kelompok, namun mengikuti
semua kegiatan dengan sepenuh hati
d.
Menerima keputusan kelompok apa adanya, namun
tetap bersikap kritis terhadap keputusan yang telah diambil
e. Menerima sepenuhnya keputusan kelompok, dan
melakukan introspeksi bila ada pandangan pribadi yang keliru
34. Saat
terjadi tindakan asusila di sekolah antara guru dan siswa, apa yang perlu Anda
lakukan?
a. Membahas bersama pihak internal sekolah dan
seger menemukan solusinya
b.
Mendiskusikan peristiwa tersebut dengan
melibatkan pihak – pihak yang berkepentingan
c.
Memanggil guru dan siswa yang bertindak asusila
disertai pemberian nasihat
d.
Memberitahukan kejadian tersebut kepada pihak –
pihak yang berkepentingan agar mendapat bantuan
e.
Membiarkan peristiwa tersebut menghilang secara
alamiah agar tidak memalukan sekolah
35. Dalam
diskusi kelompok, saya biasanya dikena sebagai individu yang...
a.
Sulit menerima pendapat orang itu yang kurang
logis
b.
Mengikuti semua pendapat orang lain agar tidak
terjadi konflik
c.
Membutuhkan waktu lama untuk meyakinkan saya
sebelum menerima pendapat orang lain
d.
Dapat menerima pendapat orang lain asalkan tidak
terlalu bertentangan dengan pendapat saya
e. Mampu memahami perbedaan dalam berpendapat
36. Pada
acara tiraktan untuk memperingati hari kemerdekaan RI, Anda menjadi narasumber
di sebuah forum tirakatan warga. Jika Anda diberi kebebasan untuk memilih tema
yang diuraikan pada acara tersebut, maka Anda akan memilih tema apa?
a.
“menengok sejarah perjuangan oahlawan
kemerdekaan” dengan alasan untuk memberikan pencerahan kepada warga agar menghargai
para pahlawan kemerdekaan
b.
“tegakkan hukum menuju Indonesia jaya” dengan
alasan persoalan bangsa Indonesia (terutama budaya korupsi) lebih banyak
disebabkan karena lemahnya penegakkan hukum
c. “kesadaran hukum dalam mangisi kemerdekaan”
dengan alasan agar warga memiliki kesadaran untuk menegakkan hukum dalalm
mengisi kemerdekaan
d.
“peran orang tua dalam menataati hukum” dengan
alasan taat hukum adalah bagian dari mengisi kemerdekaan dan harus dimulai dari
keluarga
e.
“warga taat hukum masyarakat damai” dengan alasan
agar warga selalu taat hukum sehingga kedamaian masyarakat tetap terjaga
37. Terdapat
lima kriteria penialian teman sejawat yaitu kejujuaran, kedisiplinan,
integritas, tanggungjawab, dan penampilan. Agar penilaian kepada teman sejawat
yang Anda lakukan objektif maka yang dilakukan adalah...
a.
Setiap aspek dinillai dulu untuk semua teman,
misalnya aspek kejujuran dinilai dulu untuk semua teman baru aspek kedisiplinan
dan seterusnya
b.
Merangking aspek kejujuran dari rangking pertama
sampai terakhit untuk semua teman kemudian dilanjutkan merangking aspek kehidupan dan seterusnya
c. Menilai satu persatu teman sejawat dengan
lima kriteria (kejujuran, kedisiplinan. Integritas, tanggung jawab, penampilan)
sekaligus
d.
Mendiskusikan dengan teman laini agar hasil
penilaian tidak terdensius dan dapat dipertanggungjawabkan
e.
Perlu mempetimbangkan senioritasmeskipun lima
kriteria penilaian teman sejawat tetap perlu menjadi acuan
38. Berdasarkan
instrospeksi dan pendapat teman sesama guru, pribadi yang mencerminkan saya
adalah...
a.
Orang yang suit untuk mengapresiasi perbedaan
cara siswa dalam menyelesaikan soal karena membuat bingung yang lain
b.
Orang yang dapat mengapresiasi perbedaan, namun
hanya untuk hal – hal yang dapat dipahaminya saja
c.
Orang yang bisa menyembunyikan pikiran dan perasaan
yang tidak senang terhadap siswa ketika ada perbedaan dalam menilai sesuatu
d.
Orang yang dapat mengapresiasi keberagaman dan
memiliki kebenaran untuk berpendapat untuk sikap perilaku yang tidak toleran
e. Orang yang terbuka dengan masukan atas
prinsip dan keyakiran diri, serta siap mengupayakan kompromi dengan orang lain
39. Pembelajaran
bahasa Indonesia memegang peranan yaitu strategis dalam pembelajaran SD.
Pernyataan yag tidak mendukung pendapat tersebut...
a. Pembelajaran bahasa Indonesia sebagai
penghela dalam pembelajaran di SD
b.
Pembelajaran bahasa Indonesia merupakan wahana
yang efektif mengembangkan nilai karakter pada siswa
c.
Pembelajaran bahasa Indonesia di SD menekankan
pada pemberian pengetahuan tentang bahasa pada siswa
d.
Pembelajaran bahasa Indonesia berperan dalam
meningkatkan penguasaan siswa terhadap mata pelajaran lain
e.
Pembelajaran bahasa Indonesia berperan dalam
meningkatkan prestasi siswa
40. Seorang
guru menegur salah satu siswa saat mata pelajaran sedang berlangsung karena ia
tidak mendengarkan penjelasan dari guru dan malah bermain handphone. Pernyataan
yang patut digunakan guru untuk siswa tersebut adalah...
a.
“sini berikan kepada saya handphone, kamu ini
waktunya pelajaran malah bermain handphone sendiri”
b.
“kamu sedang melakukan apa dengan handphone itu?
Ayo dimatikan dan segera fokus pada penjelasan pelajaran ini”
c. “tolong disimpan dulu handphone nya, saat
ini sedang pelajaran. Kamu dapat menggunakan nya nanti pada jam istirahat atau
setelah pulang sekolah”
d.
“berikan handphonenya ke saya. Kamu tidak menghargai
guru, jika tidak ingin mengikuti pelajaran silakan keluar dari kelas”
e.
“tanpa pernyataan seraya merampas handphone siswa sambil terus menjelaskan
pelajaran”
41. Di
sekolah Anda mengajar mayoritas siswa beragama islam, namun ada juga yang
beragama non islam. Ketika memasuki bulan ramadhan. Anda mendapati siswa non
muslim yang sedang makan di depan kelas ketika teman – teman yang lain sedang
menjalankan ibdah puasa. Sebagao seorang guru apa yang Anda lakukan untuk
menyikapi hal tersebut?
a. Menasehati siswa agar tidak makan di depan
kelas selama bulan ramadhan demi menghormati yang berpuasa
b.
Kesuanya memiliki haknya masing – masing, boleh
berbuat sesuai keyakinanannya
c.
Menasehatinya siswa yang sedang puasa ramadhan,
bahwa makan dimanapun itu hak mereka
d.
Meminta siswa tersebut untuk makan di tempat
yang sepi agar tidak kelihatan teman – temannya yang sedang berpuasa
e.
Tidak peduli dengan tindakan yang dilakukan
siswa tersebut
42. R
adalah siswa kelas VI SD yang pintar dan sangat rajin menolong. Ayah R sudah
meninggal dan ibunya mencari nafkah sebagai pedagang kue untuk menyukupi
kebutuhan anak – anaknya. Seringkali R tidak masuk sekolah, karena harus
membantu ibunya berjualan. Sebagai guru R, yang sebaiknya Anda lakukan
adalah...
a.
Memeberikan yang sebagai bantuan secara sukarela
setiap bulannya
b.
Memperbolehkan R untuk sesekali tidak masuk
sekolah karena memberi kesempatan untuk R belajar menolong orang tua dan
bekerja
c.
Tetap tidak memperbolehkan R untuk absen dan
mengajak teman – teman guru lain untuk membantu keuangannya
d.
Memberikan penjelasan pada R arti penting dan
aturan sekolah, serta mengarahkan apa yang sebaiknya dilakukan
e. Memberikan penjelasan pada R dan ibunya
tentang arti penting dan aturan sekolah serta mendiskusikan bersama tentang
masalah yang dihadapi
43. Alif
senang bermain musik. Ia pandai memainkan semua alat musik , termasuk gendang.
Ketika alif memukul gendang, udara di depan membran akan terbentuk....
a. Resonasi bunyi
b.
Mempatan
c.
Regangan
d.
Mampatan dan regangan
e.
Sampul dan perut
44. Hari
ini pelajaran IPA tentang cahaya.pak Made menerapkan kegiatan praktikum
mengamati peristiwa pembiasan kaca planparalel. Penilaian yang diterapkan tidak
hanya ranah kognitif, tetapi juga psikomotorik. Deskriptor berikut ini untuk menilai keterampilan siswa mengukur
besarnya sudut datang, kecuali...
a.
Membuat garis tegak lurus di atas garis mendatar
pengganti kaca planparalel
b.
Membuat garis sinar datang
c. Meletakkan posisi nol busur derajat pada
garis tegak, posisi 90 derajatnya berimpit dengan garis mendatar
d.
Mengukur besar sudut antara garis mendatar
dengan sinar datang
e.
Mengukur besar sudut antara garis tegak dengan
sinar datang
45. Di
daerah topografi curam, seperti dilereng pegunungan , rawan terjadi longsor
bantuan. Hal ini dikarenakan...
a.
Batu mengalami pelapukan
b.
Penambangan batu liar
c. Curah hujan yang tinggi
d.
Tanah yang bergerak
e.
Tanah tidak kuat menahan batu
46. Dalam
suatu tes, seorang siswa menuliskan jawaban berikut
-2×-3
= -6 . Dari jawaban tersebut dapat
disimpulkan bahwa siswa tersebut belum memahami sifat... bilangan negatif
a.
Tertutup
b. Perkalian
c.
identitas
d.
Komutatif
e.
Asosiatif
47. Seorang
guru mendapati beberapa siswa yang belum selesai mengumpulkan tugas pada
tenggang wantu yang telah diberikan dikarenakan banyaknya tugas yang menumpuk
dari mata pelajaran lain, jika seandainya Anda sebagai guru apa yang Anda
lakukan ?
a.
Memberikan fasilitas untuk berdiskusi dan
mengajarkan pada siswa tentang bagaimna cara mengatur waktu dengan baik serta
bertanggung jawab pada tugas yang diberikan
b.
Mendorong siswa untuk segeramenyelesaikan tugas
secara maksimal dengan menyampaikan perkembangan siswa yang sudah dan belum
mengumpulkan
c. Memberikan toleransi tambahan waktu agar
siswa yang belum mengumpulkan tugas dapat menyelesaikan tugasnya
d.
Tetap meminta tugas yang telah diberikan dengan
sanksi nilai sesuai dengan tugas yang dikerjakan sebagai upaya untuk
mmemberikan efek jera pada siswa
e.
Menolak tugas yang dikumpulkan melewati batas
waktu agar tidak mengingkari kesepakatan yang sudah disepakati
48. Perhatikan
penyataan berikut:
(1) letak
astronomis Indonesia 6 LU – 11 Ls
(2) ibu kota
Indonesia adalah Jakarta
(3) penghasil
tembakau wilayah yang bersuhu udara panas
(4) cerita
rakyat mengandung Majas narasi
(5) ITB berada
di bandung. Yang termasuk fakta dalam pembelajaran IPS SD adalah,,,
a.
1,2,3
b.
2,3,4
c.
3,4,5
d.
1,3,4
e. 1,2,5
49. Pembangunan
suatu stadion dapat diselesaikan oleh 20 orang dalam waktu 100 hari. Setelah
dikerjakan selama 40 hari ternyata pekerjaan tersebut harus segera disesaikan
dalam waktu 40 hari lagi. Agar pmebangunan stadion tersebut dapat diselesaikan
tepat waktu banyak pekerja yang harus ditambah adalah.... orang
a.
6
b.
7
c.
8
d.
9
e. 10
50. Adanya
integrasi sosial berdasarkan pada nilai dan norma yang disepakati bersama dan
memberi tuntutan bagaimana indovidu beperilaku. Berikut faktor yang
mempengaruhi integrasi sosial adalah...
a.
Semangat gotong royong yang semakin bergeser
sebagai makhluk sosial
b.
Kebutuhan telah terpenuhi dan adanya persamaan
kebudayaan
c. Adanya konsesus nilai dalam masyarakat dan
sikap terbuka pada perubahan
d.
Menurunnya tantangan dari pihak luar dan
persamaan visi, misi, dan tujuan
e.
Bergesernya nilai toleransi dan munculnya sikap
individualisme .
51. Melestarikan
lingkungan hidup menjadi tanggung jawab semua komponen yang berada di sekolah
tersebut. Salah satu contoh penerapan pengunaan lingkungan sekitar
sebagai sumber belajar IPS di sekolah dasar adalah...
a.
Membuat tanaman hidroponik
b.
Mencegah kerusakan lingkungan
c.
Menghemat penggunaaan listrik
d.
Meningkatkan potensial kebersihan kelas
e. Mengendalikan pencemaran lingkungan
52. Konsep
ruang dan waktu dalam dinamika kehidupan global sangat berkaitan erat.
Contoh langsung yang dapat terlihat adalah...
a.
Kebangkitan nasional tahun 1908 sebagai tanggal
lahirnya rasa kebangsaan
b.
Dibacakannya teks proklamasi kemerdekaan
Indonesia oleh Ir. soekarno hatta
c.
Melaksanakan pengibaran bendera merah putih
lepas dari pengaruh jepang
d.
Unjuk rasa menuntut agar RUU anti pornografi dan
pornoaksi segera disahkan
e. Konflik antar etnis, ras, suku mengundang
perhatian masyarakat dunia
53. Cermatilah
kalimat – kalimat berikut!
(1) akun – akun
menyusup ke facebook, twitter, youtube dan saluran media sosial lainnya
(2) akun – akun
media sosial (medsos)dengan konten provoaktif bertebaran di dunia maya
(3) tak jarang
pula memicu gaduh lantaran menebar kebencian dan saling menghinakan
(4) ulahnya
meracik isu sering membuat dunia maya riuh
Kalimat –
kalimat tersebut dapat dijadikan paragraf yang padu dengan urutan berikut:
a.
1,2,3,4
b. 2,1,4,3
c.
4,2,1,3
d.
3,1,4,2
e.
2,3,4,1
54. Bapak
sutrisno adalah guru IPS SD dan akan mengajarkan materi masalah sosial di lingkungan sekitar. Bapak
sutrisno menggunakan media gambar yang menunjukkan berbagai masalah sosial dilingkungan
sekitar seperti kemiskinan, rumah kumuh, dan banjir. melalui penggunaan media
pembelajaran tersebut bapak sutrisno mengharapkan siswa tergerak dan
tersentuh untuk membantu menyumbangkan apa saja yang tidak terpakai dan
masih layak untuk disumbangkan. Melihat urutan di atas bapak sutrisno memilih
media gambar dengan tujuan...
a. Membentuk karakter sikap dan nilai siswa
b.
Membangkitkan motivasi dan gairah belajar siswa
c.
Tujuan pembelajaran agar mudah tercapai secara
baik
d.
Membantu meningkatkan pemahaman siswa melalui
media
e.
Pembelajaran menjadi menyenangkan dan terfokus
55. Perhatikan
pola bilangan berikut
13, 25, 37,49,
511, 613, 715, 817, 919,....
Bilangan
selanjutnya adalah...
a. 1021
b.
1012
c.
1032
d.
1023
e.
1031
56. Bu
yona akan membelajarkan materi listrik statis. Beliau ingin mengemas
pembelajaran seperti bermain sulap. Berbagai alat dan bahan sederhana sudah
disiapkan. Para siswa juga diminta untuk membawa peralatan tersebut. Model
pembelajaran yang cocok diterapkan untuk mengatasi kondisi tersebut adalah...
a. Inkuri
b.
Discovery
c.
Problem based learning
d. Demontrasi dan praktik
e.
Kooperatif
57. Untuk
mengerjakan tugas dengan baik, apalagi tugas bertumpuk tumpuk selalu diperlukan
banyak energi. Terkait dengan hal ini. Pilihlah salah satu jawaban yang paling
mendekati diri Anda!
a.
Tidak peduli pada banyaknya tugas apapun, yang
penting saya baik – baik saja
b.
Kehabisan tenaga, bahkan sebelum tugas
terselesaikan
c.
Energi terkuras setelah mengerjakan tugas
sehingga kurang siap mengerjakan tugas – tugas berikutnya
d.
Energi hampir terkuras habis, perlu beristirahat
beberapa waktu sebelum mengerjakan tugas berikutnya
e. Semua terselasaikan sesuai waktu direncanakan
sehingga masih ada energi untuk tugas berikutnya
58. Gabungan
dua kata yang menimbulkan suatu arti baru namun masih memiliki hubungan
dengan kata dasarnya disebut kata majemuk.kata – kata berikut yang termasuk didalam
kata majemuk adalah...
a.
Cuci mata, ruang baca, jual beli,
b.
Simpan pinjam, jago merah, kursi malas
c. Kambing hitam, mata kaki, cuci mata
d.
Kamar kerja, ringan tangan, hidung belang
e.
Jual beli, simpan pinjam, mata kaki
59. Pak
Dika mengajar di kelas V A SD Cinta damai. Ketika pelajaran berlangsung, siswanya
sangat aktif. Suasana kelas selalu gaduh. Suara pak Dika tidak dapat
mengalahkan kegaduhan kelas. Akhirnya pak Dika berinisiatif untuk menerapkan
suatu model pembelajaran IPA yang dapat mendorong siswa untuk fokus pada suatu
kegiatan yang mengasyikkan. Model inkuiri terbimbing dipilih untuk
mengatasi kondisi tersebut, sekaligus melakukan penelitian tindakan kelas
(PTK). Hipotesis yang cocok untuk PTK pak Dika adalah...
a.
Siswa kelas V A mampu melakukan kegiatan
praktikum
b.
Siswa kelas V A aktif mengemukakan pendapat
c.
PTK inkuiri terbimbing dapat diselesaikan
sebanyak 2 siklus
d.
Langkah PTK inkuiri termbimbing terdiri atas 4
tahap
e. Inkuiri terbimbing dapat meningkatkan
konsentrasi siswa
60. Salah
satu tugas wali kelas setiap kenaikan kelas harus menentukan 3 siswa terbaik
untuk menerima hadiah dari sekolah. Jika Anda sebagai wali kelas, maka hal yang
akan Anda lakukan dalam menentukan siswa urutan 1, 2, 3 berdasarkan....
a.
Rata – rata nilai rapor saja
b. Kepribadian dan nilai rapor
c.
Nilai rapor dan capaian prestasi non akademik
d.
Keterlibatan kepengurusan osis dan nilai rapor
e.
Prestasi akademik dan non akademik
61. Berdasarkan
introspeksi dan pendapat teman sesama guru, pribadi yang mencerminkan saya
adalah...
a.
Orang yang sulit untuk mengapresiasi perberdaan
cara siswa dalam menyelesaikan soal karena membuat bingung yang lain
b.
Orang yang dapat mengapresiasi perbedaan, namun
hanya untuk hal- hal yang hanya dapat dipahaminya saja
c.
Ornag yang bisa menyembunyikan pikiran dan
perasaan yang tidak senang terhadap siswa ketika ada perbedaan dalam menulau
sesuatu
d.
Orang yang dapat mengapresiasi keberagaman dan
memiliki keberagaman untuk berpendapat untuk sikap perilaku yang tidak toleran
e. Orang terbuka dengan masukan atas prinsip
dan keyakinan diri, serta siap mengupayakan kompromi dengan orang lain
62. Sekolah
Anda pada akhir libur semester mengadakan studi tour ke luar kota selama 3 hari
dan Anda menjadi salah satu guru pendamping kegiatan study tour itu. Sesuai
rencana rombongan study tour akan tiba kembali di sekolah hari minggu sore pukul
17.00 karena hari senin adalah hari pertama masuk sekolah. Tetapi karena
sesuatu dan lain hal rombongan baru tiba kembali ke sekolah hari senin pukul
03.00 pagi. Beberapa guru berencana untuk ijin tidak masuk pada hari pertama
karena kelelahan. Apa yang akan Anda lakukan?
a. Tetap masuk sekolah meskipun tidak seharian
penuh sebagimana hari –hari biasa
b.
Tetap masuk sebagaimana hari – hari biasa
meskipun banyak guru yang ijin
c.
Menyarankan kepada para guru yang berencana
tidak masuk untuk tetap masuk sekolah
d.
Menyampaikan kepada kepala sekolah agar
menghimbau para guru untuk tetap masuk sekolah
e.
Menyarankan kepada peserta didik yang ikut study
tour untuk tetap masuk sekolah.
63. Perhatikan
pernyataan berikut:
(1) memiliki
kesadaran dan kepedulian terhadap masyarakat atau lingkungan melalui pemahaman
sejarah dan kebudayaan masyarakat
(2)
mengembangkan kemampuan personal dan interpersonal yang dapat digunakan dalam
rangka mengatasi kesulitan hidupnya
(3) memahami
konsep dasar dan mampu menggunkan metode yang diadaptasi dari ilmu sosial yang
digunakan untuk memecahkan masalah sosial
(4) memiliki
kemampuan dan gaya berkomunikasi serta memiliki jiwa kerjasama dalam masyarakat
majemuk pada tingkat lokal , nasional dan global
(5) mampu
menggunakan model dan proses berfikir serta membuat keputusan yang tepat
Penerapan nilai
– nilai IPS SD yag dikembangkan dalam
kehidupan sehari – hari adalah
a.
1 , 2, 3
b.
2,3 , 4
c. 1,3, 5
d.
4, 5, 1
e.
2, 4, 5
64. Kepadatan
dan kelembapan tanah tidak menjadi kendala bagi cacaing untuk bernapas. Cacing
memiliki cara tersendiri dalam pengembalian udara pernapasan yaitu menggunakan
...
a.
Trakea untuk menghirup udara dari tanah
b.
Lapisan kulitnya untuk menyimpan oksigen dari
permukaan tanah
c.
Buku – buku tubuhnya untuk mengambil oksigen
dari tanah
d. Kulitnya untuk menghisap udara yang
terkandung dalam tanah
e.
Kutikula untuk menghirup udara dari tanah
65. Perhatikan
argumen berikut:
P1 : jika Doni
ujuan sarjana maka ia pergi berhaji
P2: jika doni
tidak menukar uang Riyal maka ia tidak pergi berhaji .
Kesimpulan yang
benar adalah...
a.
Jika doni tidak pergi berhaji maka ia tidak
menukar uang riyal
b.
Jika doni tidak pergi berhaji ia menukar uang
riyal
c.
Jika doni menukar uang riyal maka aku lulus
ujian
d.
Doni lulus ujian sarjana tetapi tidak menukar
uang riyal
e. Jika doni tidak menukar uang riyal maka ia
tidak lulus ujian sarjana
66. Anda
memiliki siswa yang ingin sekali menguasai keterampilan yang menurut Anda belum
saatnya dikuasai oleh siswa tersebut. Di sekolah, hanya Anda yang dapat
melatihnya, namun Anda tidak memiliki waktu luang. Ucapan yang tepat dikatakan
kepada siswa adalah...
a.
Bahwa siswa tidak perlu belajar keterampilan itu,
dan tidak perlu berlatih kepada saya
b. Bahwa siswa belum waktunya menguasai
keterampilan itu, dan saya sibuk sehingga tidak bisa melatihnya
c.
Bahwa siswa itu bisa belajar sendiri untuk
menguasai keterampilan itu.
d.
Bahwa siswa tetap memiliki kesempatan menguasai
keterampilan itu dan memintanya mencari pelatih yang diinginkan dari luar
sekolah
e.
Bahwa siswa itu memiliki kemampuan yang baik,
punya kesempatan menguasai keterampilan itu, dan mengatur waktu lagi untuk bisa
berlatih dengan saya
67. Menurut
saya, gambaran ideal sorang guru adalah...
a.
Memahami pentingnya perencanaan kerja dan
bertanggung jawab dalam pencapaian tujuan sekolah lebih terarah dan terukur
kinerjanya
b.
Memahami pentingnya pelaksanaan kerja dan
perwujudan tanggung jawab agar tujuan sekolah lebih terarah dan terukur
kinerjanya
c.
Melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai
guru agar tujuan sekolah lebih terarah dan terukur kinerjanya
d.
Melaksanakan tugas – tugas sesuai aturan yang
berlaku, deskripsi pekerjan dan tanggung jawabnya agar tujuan sekolah lebih
terarah dan terukur kinerjanya
e. Melaksanakan tugas secara mandiri maupun
kolaborasi sesuai aturan yang berlaku, deskripsi pekerjaan dan tanggung jawabnya
agar tujuan sekolah lebih terarah dan terukur kinerjanya
68. Persamaan
kuadrat yang akar – akarnya setengah dari persamaan x2 – 6 + 8 = 0
adalah...
a.
X2 -2x + 4 = 0
b.
2x2 -2x – 8 = 0
c. X2
-3x + 2 = 0
d.
2x2 – 9 = 0
e.
X2 – 3x – 4 = 0
69. Salah
satu sifat bahasa adalah bersifat manasuka. Maksud dari sifat manasuka
tersebut adalah...
a.
Bahasa memiliki pola dan kaidah yang harus
ditaati agar dapat dipahami oleh pemakainya
b. Tidak ada hubungan logis antara bunyi dan
makna yang disimbolkannya
c.
Bentuk dasar bahasa adalah ujaran karena media
bahasa yang terpenting adalah bunyi
d.
Bahasa menjadi berfungsi selama manusia yang
memanfaatkannya bukan makhluk lainnya
e.
Bahasa adalah sebagai alat berkomunikasi atau alat
perhubungan antara anggota anggota masyarakat
70. Perhatikan
penyataan baerikut
(1) sikap
toleransi antar warga masyarakat
(2) sikap saling
menghargai antar berbeda agama
(3) sikap apatis
terhadap masyarakat
(4) sikap
memiliki tujuan bersama antar warga masyarkat
(5) sikap mencapai
kekuasaan yang mutlak
Faktor yang
mempengaruhi asimilasi adalah...
a.
1 , 2, 3
b. 1, 2, 4
c.
2, 3, 4
d.
2, 4, 5
e.
3, 4, 5
71. Salah
satu kriteria bahan pembelajaran apresiasi sastra SD kelas rendah adalah
keterbacaan dan kesesuaian. Yang dimaksud dengan kesesuaian adalah...
a.
Sesuai dengan kurikulum yang berlaku
b.
Sesuai dengan kesiapan guru
c. Sesuai dengan kejiwaan siswa, usia dan
lingkungan siswa
d.
Sesuai dengan tingkat pengetahuan masing –
masing siswa di kelas tersebut
e.
Sesuai dengan buku siswa dan buku guru
72. Menurut
Anda sikap dan perilaku guru yang mencerminkan nilai – nilai keagamaan
yang dianutnya adalah...
a.
Rajin ibadah disertai dengan sikap dan perilaku
yang mencerminkan sikap toleransi yang tinggi dengan apapun dan siapapun
b.
Rajin beribadahdan tidak mentolerir waktu yang
mengganggu ritual keagamaannya dan
menolong orang tanpa pamrih
c.
Rajin ibadah disertai dengan sikap dan perilaku
yang tanpa pamrih dnegan tetap menunjukkkan identitas keagamaan yang berbeda
d.
Rajin ibadah disertai sikap dan perilaku yang
toleran, namun tetap menunjukkan prinsip tegas yang perlu diketahui orang lain
e. Rajin beribadah disertai sikap dan perilaku
yang proaktif menolong kepada siapapun, serta menunjukkan perilaku – perilaku
keteladanan
73. Susunan
kata “saya” tidak bisa diubah menajdi “ayas” atau “asay”. Hal itu membuktikan
bahasa...
a.
Bahasa itu sistematis
b.
Bahasa itu produktif
c.
Bahasa itu lambang
d. Bahasa itu bermakna
e.
Bahasa itu manusiawi
74. Seorang
wali murid mendatangi Anda sebagai wali kelas, memprotes bahwa nilai anaknya
rendah. Menurutnya si anak telah mengikuti
berbagai bimbingan belajar, sehingga mustahil mendapat nilai rendah,
sementara anak dari tetangganya mendapat nilai lebih tinggi padahal anak
tersebut biasa saja dan tidak mengikuti bimbingan belajar. Bagaimana tanggapan
Anda terhadap wali murid tersebut?
a.
Menunjukkan data capaian belajar anak secara
objektif serta memanggil si anak untuk berdiskusi dengan ornag tuanya
b.
Menunjukkan dokumen hasil ulangan harian,
mempertemukan wali murid dengan si anak serta memberi kesempatan untuk
mendiskusikan prestasi belajar yang dicapai secara obyektif
c.
Menjawab protes wali murid tersebut dengan
menunjukkan rekap data serta menyampaikan bahwa bimbingan belajar bukanlah
penentu tingkat prestasi belajar anak di sekolah
d. Menunjukkan dokumen hasil ulangan serta
memberi kesempatan wali murid untuk mendiskusikan sehingga diperoleh pengertian
mengapa nilai anaknya tidak sesuai dengan yang diperkirakannya
e.
Menjawab protes wali murid dengan menyatakan bahwa
berapapun hasilnya nilai itu merupakan hak dan kewenangan guru
75. Sebuah
benda bermassa 500g bergerak dari posisi diam dengan percepatan 2m/s2
. bila benda tersebut bergerak selama 10 detik. Maka kecepatan dan gaya yang
bekerja pada benda tersebut adalah...
a.
0,2 m/s dan 1N
b.
5m/s , 1 N
c. 20 m/s 1 N
d.
20 m/s , 10 N
e.
20 m/s, 1000n
76. Yang
termasuk manifest sosial problem adalah
a. Kesenjangan sosial
b.
Konflik antar desa
c.
Kejahatan dunia maya
d.
Kasus korupsi dana pemerintah
e.
Tengkulak / rentenir
77.
Perhatikan penyataan dibawah ini
(1) refleksi (analisis dan interpretasi )
(2) Penetapan fokus permasalahan
(3)perencanaan tindak lanjut
(4) perencanaan tindakan perbaikan
(5) pelaksanaan tindakan
(6) pengumpulan data (pengamatan /
observasi)
Langkah – langkah penelitian tindakan
menurut kurt lewin ialah
a. 2, 4,5,6,1,3
b.
4,5,6,2,1,3
c.
3,2,1,4,6,5
d.
1,3,4,6,5,2
e.
1,4,2,3,5,6
78.
Made
usianya masih belia dia tidak dapat melihat benda dengan jelas. Bayangan
benda yang terbentuk kabur dan berbayang. Dokter mengatakan made
mengalami cacat mata astigmatisme. Cacat mata terjadi karena bentuk kornea...
(terlalu melengkung/tidak bulat sempurna, bola mata lonjong)
a.
Terlalu cembung
b.
Tidak cembung sempurna
c. Cenderung cembung
d.
Tidak cekung sempurna
e.
Kadang – kadang berubah cekung
79.
Kelas akselerasi adalah untuk memenuhi kebutuhan
siswa yang memiliki potensi dan bakat akademis luar biassa. Makna istillah
akselerasi pada kalimat tersebut adalah...
a.
Unggulan
b.
Peningkatan
c. Percepatan
d.
Tambahan
e.
Khusus
80.
Rekayasa dalam bidang pertanian sudah sering
dilakukan. Rekayasa perkembangan vegetatif buatan biasanya untuk mendapatkan
hasil yang sesuai dengan keinginan manusia. Jika kita ingin mendapatkan buah
durian yang berdaging tebal seperti durian montong, tetapi rasanya manis pahit
seperti durian unggul tertentu, maka dapat dilakukan kegiatan berikut, kecuali...
a.
Mengokulasi pohon durian yang buahnya pahit
dengan pohon durian berdaging tebal yang rasanya tidak manis
b.
Menyambung pohon durian yang memiliki daging
buah tebal dan manis pada pohon durian yang rasanya pahit
c.
Menangkarkan tunas durian yang memiliki daging
buah tebal dan rasanya pahit
d.
Menyangkok pohon durian yang memiliki daging
buah tebal dan rasanya pahit
e. Melakukan kultur jaringan batang durian
yang memilki buah tebal dan rasanya pahit
81.
Ayah mengendarai mobil ke rumah nenek berangkat
pada pukul 10.00 pagi. Jika ayah mengendarai mobil dengan kecepatan 60 km/ Jam
dan ayah akan tiba di rumah nenek pukul 11.30. maka jarak ke rumah nenek
adalah... km
a.
70
b.
75
c.
80
d. 90
e.
120
82.
Jika dalam ujian fisika andi mendapatkan nilai
75 dengan nilai rata – rata kelas 70 dan simpangan baku 10 sedangkan dalam
ujian statistika ia mendapatkan nilai 80 dengan rata – rata kelas 75 dan
simpangan baku 12 maka...
a.
Kemempuan fisika dan statistika di kelas andi
sama variannya
b.
Kemampuan fisika di kelas andi lebih beragam
dari pada kemampuan statistikanya
c.
Kemampuan fisika di kelas andi lebih seragam
dari pada kemampuan statistikanya
d. Kemampuan statistika di kelas andi lebih
seragam daripada kemampuan fisikanya
e.
Kemampuan fisika dan statistika di kelas andi
tidak dapat dibandingkan variannya
83.
Penggunaan tanda baca yang tepat terdapat dalam
paragraf....
a. Pada abad XXI ini kita harus semakin
peduli. Masih banyak saudara kita hidupnya sebakekurangan. Mereka sangat
memerlukan bantuan seperti bahan makanan, pakaian, obat – obatan, dan tempat
tinggal.
b.
Pada abad ke 21 ini kita harus semakin peduli.
Masih banyak saudara kita hidupnya sebakekurangan. Mereka sangat memerlukan
bantuan seperti, bahan makanan, pakaian, obat – obatan, dan tempat tinggal.
c.
Pada abad ke- 21 ini kita harus semakin peduli.
Masih banyak saudara kita hidupnya sebakekurangan. Mereka sangat memerlukan
bantuan seperti: bahan makanan, pakaian, obat – obatan, dan tempat tinggal.
d.
Pada abad ke dua puluh satu ini kita harus
semakin peduli. Masih banyak saudara kita hidupnya sebakekurangan. Mereka
sangat memerlukan bantuan seperti bahan makanan; pakaian; obat – obatan; dan tempat tinggal.
e.
Pada abad ke stri XXI ini kita harus semakin peduli. Masih banyak
saudara kita hidupnya sebakekurangan. Mereka sangat memerlukan bantuan seperti
bahan makanan; pakaian; obat –
obatan; dan tempat tinggal.
84.
Abdulloh memiliki akuarium yang diisi dengan
beberapa ekor ikan. Agar air di dalam akuarium selalu bersih, ayah memasang
serat pada selang sirkulasi air guna menangkap pertikular padat. Kegiatan yang
dilakukan ayah merupakan contoh peristiwa...
a.
Destilasi
b. Filtrasi
c.
Ekstrasi
d.
Adsorbsi
e.
Kromatografi
85.
“mengamati, mengolah dan menyajikan teks laporan
buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan
ekosistem, serta alam dan pengaruh
kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosa kata baku”. Ruang lingkup materi bahasa Indonesia yang
terkandung pada kompetensi dasar
tersebut adalah....
a.
Makanan dan rantai makanan, teks laporan
b. Teks laporan, kosa kata baku
c.
Kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem
d.
Kosa kata baku, pengaruh kesehatan manusia
e.
Bahasa lisan, tulisan, makanan dan rantai
makanan
86.
Dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan
penerapan pendekatan whole language, siswa diiharapkan mampu membedakan antara
opini dan fakta. Aktivitas pembelajaran yang tepat dilakukan guru adalah...
a.
Guru menjelaskan tentang perbedaan opini dan
fakta dan siswa diminta membuat contoh
b.
Siswa membaca contoh opini dan fakta dan membuat
contooh opini dan fakta yang lain
c.
Siswa membaca teks wacana yang mengandung opini
dan fakta, siswa menulis contoh opini dan fakta dan membcakan di depan kelas
d.
Guru membacakan contoh opini dan fakta dan siswa
diminta menulis contoh
e.
Guru meminta siswa menulis contoh opini dan
membacakan ke depan kelas.
87.
Teori pemerolehan bahasa yang menyatakan bahwa
kematangan berfiir berbanding lurus dengan kemampuan berbahasa adalah..
a.
Nativisme
b. Kognitivisme
c.
Interaksionisme
d.
Behaviorisme
e.
Empirisme
88.
Bacalah penggalan drama di bawah ini
89.
Suryani :” sebenarnya saya sudah mnegetahui hal
itu sejak lama pak. Hanya saja saya kurang yakin apakah tindakannya itu
bertentangan dengan peraturan perusahaan.”
Dewantara :” Anda ini bagaimana?” sebagai
staf personalia Anda mestinya paham aturan – aturan yang berlaku di perusahaan
ini.”
Suryani :” bukan bergitu pak. Saya melihat
di PT jasa mekanika karyawan yang melakukan tindakan serupa tidak
dipermasalahkan oleh perusahaan. Jadi saya pikir di perusahaan ini pun tidak
akan dipermasalahkan . bukan kah kita masih satu induk dengan PT jasa
mekanika?”
Dewantara :” kita memang satu induk tapi
jenis usaha berbeda, jadi tidak dapat disamakan begitu saja. Anda paham?”
Suryani:”ya pak, saya akan segera
menyelesaikan masalah ini.”
Dewantara :”bagus. Selanjutnya Anda
pelajari kembali seluruh aturan perusahaan kita!”
Amanat kutipan drama tersebut adalah...
a.
Peraturan harus di buat secara jelas agar mudah
dipahami
b.
Peraturan yang berlaku harus di pahami agar
tidak terjadi pelanggaran
c. Peraturan dalam sebuah instansi,
harus dibedakan dengan instansi lain
d.
Setiap pelanggaran peraturan harus diselesaikan
sesusai dengan aturan yang berlaku
90.
Terdapat arugmen yang menyatakan bahwa:
(1) Memegang teguh hal – hal yang dibawa
sejak kecil
(2) mengenal tradisi baik tradisi adat
istiadat dalam lingkungan pertamanya
(3) meyakini kepercayaan yang diperoleh
sejak lahir
Merupakan konsep pembelajaran IPS SD dalam
hal....
a.
Etnosentrisme
b.
Stereotipe
c.
Eksklusivisme
d.
Vanatisme
e.
Primordialisme
91.
Azalea tak pernah menyangka kalau hari ini ia
hanya bertemu sandrina. Dan pertemuan itu, sesungguhnya tak ia harapka.azalea
terlanjur kecewa pada sandrina. Sandrina yang sedemikian sempurna di matanya
ternyata menyimpan celah yang tak terbayangkan oleh azalea. Sandrina yang kaya,
cantik, pintar, santun. Sandrina yang siap membantu siapapun. Sandrina yang
disuatu pagi ditemukan Ode dimakar mewahnya. Dan itu sangat menyakiti azalea.
“aku malas sekali untuk bertemu sandrina ma. Aku kecewa”. “ za, begitu juga
dengan sandrina. Berikan kesempatan padanya untuk memperbaiki diri. Temui dia!”
kata mama dengan lembut. Peribahas yag tepat untuk melengkapi paragraf tersebut
adalah...
a.
Tak ada asap tanpa api
b. Tak ada gading yang tak retak
c.
Tak ada rotan akar pun jadi
d.
Tak lekang oleh panas, tak lapuk oleh hujan
e.
Tak kan lari gunung di kejar
92.
Bacalah paragraf berikut.
Trusmi merupakan desa yang dijuluki sebagai
sentra batik cirebon. Hampir semua orang mengenal batik bahkan masyarakat
tiongkok sangat menyukai motif- motif batik dari desa yang satu ini. Batik
banyak sekali ditemukan di desa yang berjarak kurang lebih 5 km ke arah barat
kota cirebon ini. Dari produk rumahan sampai produk pabrikan terkenal dapat
ditemukan di desa tersebut. Motif nya pun sangat beragam, ada mahkota mega
mendung, dan motif – motif pesisiran lainnya. Gagasan utama paragraf tersebut
adalah...
a.
Berbagai motif batik cirebon
b.
Produk batik rumahan dan pabrikan
c. Trusmi sebagai sentra batik cirebon
d.
Kegemaran orang cina kan motif batik
e.
Cirebon sebagai kota batik
93.
Berikut ini yang merupakan pertanyaaan tingkat
tinggi kategori C5 taksonomi bloom (revised) adalah....
a. Hasil uji emisi sebuah mobil dalam
penggunaan bioanol tipe gasohol E-10 dibandingkan dengan premium terdapat pada
tabel berikut.
(TABEL)
Apa yang dapat disimpulkan dari penggunaan premium dan biotanol tersebut?
b.
2 buah mobil A dan B menggunakan bahan bakar
yang berbeda. Mobil A mengunakan bahan bakar pertamax, mobil B menggunakan
pertalite. Harga pertalite Rp 1.500,- lebih mahal dari pertamax. Kedua mobil
diisi bahan bakar dengan volume yang sama. Mobil A dapat menempuh jarak 60 km dan
mobil B sejauh 80km. Bahan bakar mana yang lebih efisien?
c.
Sebuah mobil berjalan dengan kecepata 60km/jam.
Jarak yang ditempuh 240km. Berapa lama mobil itu berjalan
d.
Ketika kecepatan suatu mobil ditingkatkan
menjadi 2 kalinya bagaimana besar percepatannya
e.
Rancanglah sebuah kompor listrik yang memiliki
daya 100 watt, jika disediakan kawat nikelin berdiamter 0,05mm. Sumber tekanan
yang ada 220 volt.
94.
Alat peraga yang tepat untuk memahamkan konsep
perpangkatan bilangan adalah...
a.
Menggunakan kartu bilangan yang dibuat khusus
untuk permainan dan alat hitung
b. Memotng sedotan sama panjang dan dilakukan
berulang – ulang untuk setiap sedotan hasil potongan sebelumnya
c.
Memotong kertas berbentuk persegi panjang
menurut diagonalnya secara berulang dan sama besar
d.
Melipat kertas berbentuk persegi panjang
beberapa kali dan menghitung kelilingnya
e.
Menggunakan kertas berpetak dan kemudia diberi
arsiran menurut arah horisontal dan vertikal
95.
Perhatikan argumen berikut
P1: jika koni lulus ujian maka ia pergi ke
luar negeri
P2 : jika koni tidak menukar uang uang
dolar maka ia todak pergi keluar negeri
Kesimpulan benar adalah...
a.
Jika koni tidak pergi ke luar negeri maka ia menukar uang dolar
b.
Jika koni menukar uang dolar maka ia lulus ujian
c.
Koni lulus ujian tetapi tidak menukar uang dolar
d.
Jika koni tidak menukar uang dolar maka ia tak
lulus ujian
e. Jika koni tidak pergi ke luar negeri maka
ia tidak menukar uang dolar
96.
Organ penyusun gerak atau rangka manusia terdiri
atas beberpa bagian namun bagian – bagian tersebut memiliku fungsi yang sama.
Berikut ini merupakan fungsi dari rangka manusia kecuali...
a. Sebagai alat gerak aktif
b.
Tempat melekatnya otot
c.
Tempat penyimpanan mineral
d.
Tempat pembentukan sel – sel darah
e.
Tempat pembentukan sum – sum merah
97.
Manusia merupakan komponen abiotik yang memiliki
akal pikiran, kemampuan tersebut dapat digunakan untuk mengubah alam. Salah
satu peranan manusia yang memberikan manfaat bagi alam adalah...
a.
Mengadakan reboisasi dan penghijauan dalam
rangka menajaga kelestarian alam
b.
Berubahnya ekosistem alam menjadi ekosistem
binaan sehingga biota dapat terpelihara
c.
Memberikan senyawa tertentu untuk meningkatkan
flora dan fauna
d.
Melakukan sistem pertanian dengan menggunakan
sistem modern
e. Melakukan perubahan profil
98.
Diberikan KD 3.3 “Membandingkan dua bilangan
sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda- benda konkrit. Tugas yang
sesuai dengan KD di atas adalah...
a.
Menghitung banyak antrian untuk mencuci tangan
b.
Merinci banyak kegiatan saat makan
c.
Merinci tugas masing – masing anggota keluarga
d. Menghitung banyak siswa kelas 5 dan 6 saat
upacara hari senin
e.
Menghitung banyak anak yang tidak masuk dalam 2
hari
99.
Seorang siswa kelas I diminta gurunya untuk
menulis contoh – contoh kalimat majemuk berdasarkan gamabr yang ada di papan
tulis. Hal ini menandakan guru tersebut tidak memahami karakteristik
perkembangan ..... siswa
a. Kognitif
b.
Bahasa
c.
Moral
d.
Sosial
e.
Emosional
100.
Perhartikan pernyataan yang disampaikan dalam
diskusi berikut
“sertifikasi guru dilakukan dengan tujuan
utama untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Melalui sertifikasi
diharapkan akan tersaring guru – guru yang berkualitas. Guru yang belum
tersertifikasi diharapkan akan meningkatkan kualitasnya”. Pertanyaan yang
paling tepat disampaikan dalam diskusi adalah...
a.
Apa yang dimaksud dengan sertifikasi guru?
b. Mengapa sertifikasi guru perlu dilakukan?
c.
Kapan guru yang belum tersertifikasi dapat
meningkatkan kualitasnya?
d.
Mengapa sertifikasi guru dapat meningkatkan
kualitas pembelajaran?
e.
Berapa lama jangka waktu sertifikasi dilakukan?
101.
Siswa mampu berpidato, aspek yang dapat dinilai
untuk mengukur ketercapaian KD tersebut adalah....
a.
Lafal, intonasi, tanda baca, penampilan
b.
Lafal, ejaan, ekspresi, penampilan
c.
Lafal, diksi, ekspresi, percaya diri
d.
Lafal, intonasi, ekspresi, penampilan
e. Lafal, intonasi, penguasaan topik, penampilan
102.
Sebuah penampung air dengan volume 36.000 liter
akan penuh jika dengan kecepatan 2liter/ detik. Lama pengisian penampung
adalah.... jam
a.
4
b.
4,5
c. 5
d.
5,5
e.
6
103.
Perhatikan pernyataan berikut
(1) kesadaran informasi masyarakat yang
masih belum maksimal
(2) penggunaan teknologi informasi yang
belum merata dan mengakar dalam kehidupan masyarakat
(3) penerapan budaya informasi di dorong
oleh perkembangan atau kej=bijakan nasional
(4) kapasitasn inovasi nasional yang belum
maksimal
(5) dibuat UU iptek
Faktor penghambat fenomena interaksi
perkembangan iptek di Indonesia adalah...
a.
1,2,3
b.
2,3,4
c.
3,4,5
d.
2,3,5
e. 1,2,4
104.
Rangkaian listrik terdiri atas 3 buah lampu yang
memiliki hambatan sama besar dipasang secara paralel dan dihubungkan dengan
sumber tegangan sehingga menjadi rangkaian tertutup. Bila hambatan penggantinya
2,5 ohm dan kuat arus yang mengalir sebesar 2 A, serta hambatan dalam dari
sumber tegangan sebesar 0,5 ohm. Maka hambatan masing – masing lampu adalah...
a.
2 ohm
b. 2,5 ohm
c.
3 ohm
d.
4 ohm
e.
6 ohm
105.
Apa bila kemampuan yang diharapkan oleh guru IPS
SD adalah siswa dapat menguasai memberikan pendapat tentang hakikat
permasalahan sosial di lingkungan
sekitar, maka jenis tes yang tepat diberikan oleh seorang guru IPS SD adalah...
a.
Uji kinerja
b. Uraian
c.
Menjodohkan
d.
Obejektif pilihan ganda
e.
Benar salah
106.
Perhatikan pernyataan berikut
(1) sebagai media daring
(2) sebagai media penelususran materi
pembelajaran
(3) sebagai komunikasi antar kelompok
(4) sebagai piranti sofware
(5) sebagai media guru untuk mengumumkan
suatu hal yang penting
Peran IPTEK bagi siswa SD di era milenial
adalah....
a. 1,2,3
b.
1,2,5
c.
2,3,4
d.
2,4,5
e.
3,4,5
107.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar